Welcome Myspace Comments

Monday, August 8, 2011

TUTORIAL MICROSOFT EXCEL 2003

hai haiii

ini saya ada tugas dari Pak Wijaya buat TIK (cek blog dia yaaah http://wijayalabs.com) sekaligus membagi pengetahuan. Tentang apa? Ms. Excel. Itu loh yang spreadsheet gitu. Buat yang gaptek maupun yang ga ngerti, ini tutorialnya. Simak yaaaaawp :)

Menambahkan dan mengganti Worksheets (Kertas Kerja)

worksheets dalam workbook (buku besar) dapat di akses dengan mengklik worksheet tabs sedikit di atas status bar. Biasanya,tiga worksheets yang ada dalam buku workbook. Untuk menyisipkan , pilih InsertWorksheetdari menu bar. Untuk mengganti worksheet tab, klik kanan padatab dengan mouse dan pilih Renamedari shortcut menu. Ketik nama yang baru dantekan ENTER.

The Standard Toolbar
Toolbar dibawah ini terdapat pada layar atas yang memungkinkan anda untuk mengakses secara cepat perintah Excel.

New – Pilih FileNewdari menu bar,tekan CTRL+N, atau kliktombol Newuntuk membuat workbook.

Open – Klik FileOpendari menu bar,tekan CTRL+O, atau kliktombol Openuntuk membuka workbook yangtelah ada

Save– Untuk pertama kali menyimpan, pilih FileSave Asdan beri nama filenya.. Setelah diberi nama file klik FileSave, CTRL+S, atau tekan tombol Save pada standard toolbar.

Print– Kliktombol Print untuk mencetak worksheet.

Print Preview– Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .

Spell Check– Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.

Cut, Copy, Paste, and Format Painter– Perintah ini akan dijelaskan pada modifying a worksheet.

Undo and Redo– Kliktombol (<– )backward Undountuk membatalkan langkahterakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redountuk membatalkan undo

Insert Hyperlink– Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketikteks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, kliktombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link denganteks dan klik OK.

Autosum, Function Wizard, and Sorting– Fitur ini didiskusikan secara detail dalam bagian function

Zoom– Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.

Menu
Tidak seperti versi Excel sebelumnya, menu dalam Excel 2000/XP/2003 pada awalnya hanya daftar perintah yang biasanya digunakan. Untuk melihat semua option pada menu, klik ganda panah pada bawah menu. Jika anda akan kembali ke versi Excel sebelumnya, Ikuti langkah berikut.


Pilih ViewToolbarsCustomizedari menu bar.

Klik pada Options tab.

Hilangkan Ceklist pada kotak Menus show recently used commands first

Toolbars
ToolbarsBanyaktoolbar dapat dilihat pada tombol shorcut.
Pilih ViewToolbars dari menu bar untuk memilih toolbar lain

Customize Toolbars
Customizing toolbars mengijinkan anda untuk menghapus sebagian tombol shortcut dari toolbar jika anda tidak ingin menggunakannya dan masukkan tombol shortcut buttons untuk memerintahkan anda menggunakan sesering mungkin.

Pilih ViewToolbarsCustomize dan pilihCommands tab.
Dengan mengklik perintah dalam kotak Categories, Perintah akan mengubah kotak dikanan Commands.


Pilih perintah yang anda suka untuk dimasukkan ketoolbar dengan memilihnya dari kotak Commands.

Drag perintah dengan mouse ke lokasi yang diinginkan pada toolbar dan lepaskan tombol mouse.Tombol shorcut sekarang harus terlihat pada toolbar.

Hilangkan tombol daritoolbar dengan kembali ke langkah tadi. Sorot tombol pada toolbar, drag keluar toolbar dengan mouse, dan lepaskan tombol mouse.

Menyimpan Macro
Macros bisa mempercepat pengeditan biasa, urutan yang diinginkan dalam menjalankan spreadsheet Excel. Contohnya kita akan membuat macro yang sederhana yang akan menset semua garistepi halaman pada satu inchi

Klik ToolsMacroRecord New Macrodari menu bar.

Isikan nama Macro pada Macro namefield. Nama tidak boleh pake space dan harus tidak boleh dimulai dengan angka.

Jika anda akan membuat shortcut key untuk makro agar mempermudah penggunaan, masukkan huruf dibawah Shortcut key. Masukkan huruf kecil untuk membuat CTRL+nomor shortcut dan masukkan huruf besar untuk menugaskan CTRL+SHIFT+number shortcut key. Jika anda memilih tombol shorcut ketika Excel digunakan, macro anda akan tertimpah oleh fungsi tadi.

Pilih option dari menu panah bawah Store macro in.

Masukkan deskripsi dari macro dalam Description field. Ini untuk referensi hanya anda harus ingat yang dilakukan macro.

Klik OK ketika anda siap untuk memulai recording.

Pilih option dari menu tombol bawah dan Excel akan menyimpan option yang anda pilih dari kotak dialog, seperti perubahan garistepi pada Page Setup window.


Pilih FilePage Setup dan ubah semua garistepi ke 1″.Tekan OK. Ganti langkah ini dengan perintah apapun yang ingin macro yang telah anda buat untuk dilakukan. Pilih hanya options untuk memodifikasi.Tindakan seperti ViewToolbars tidak berpengaruh pada worksheet dan tidak akan direcorded.

Klik tombol Stop recording toolbar. Macro sekarang disimpan.



Running A Macro

Untuk menjalankan macro yang anda buat, pilih ToolsMacroMacros dari menu bar.

Dari jendela Macros, sorot Macro name dalam daftar dan klik Run.

Jika macro terlalu panjang dan anda ingin berhenti ketika dijalankan,Tekan BREAK(tahan CTRL dan tekan PAUSE).



Moving Through Cells

Gunakan mouse untuk memilih sel yang anda mulai untuk memasukkan data dan gunakan daftar perintah keyboard untuk perpindahan sel pada worksheet.
One cell up : up arrow key
One cell down :down arrow key or ENTER
One cell left : left arrow key
One cell right : right arrow key or TAB
Top of the worksheet (cell A1) : CTRL+HOME
End of the worksheet (last cell containing data) : CTRL+END
End of the row : CTRL+right arrow key
End of the column : CTRL+down arrow key
Any cell : FileGoTo menu bar command



Memasukkan Worksheets, Rows, and Columns

Worksheets– Memasukkan worksheet ke workbook dengan memilih InsertWorksheetdari menu bar.

Row– Untuk memasukkan baris ke worksheet, pilih InsertRows dari menu bar, atau sorot baris dengan mengklik pada label baris, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.

Column – Masukkan kolom dengan memilih InsertColumns dari menu bar, atau sorot kolom dengan mengklik dalam kolom label, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.

Mengubah ukuran Baris dan Kolom Ada dua cara untuk mengubah ukuran baris dan kolom.

Resize a row dengan mendrag baris dibawah label baris yang ingin diubah ukurannya.

Resize a column dengan cara yang sama drag baris ke kanan sesuai dengan label ke kolom yang ingin dirubah ukurannya.-

atau

Klik baris atau kolom label dan pilih FormatRowHeight atau FormatColumnWidth dari menu bar untuk masuk nilai tinggi baris atau lebar kolom.


Memilih Sel

Sebelum sel bisa dimodifikasi atau di format, pertama harus di sorot dahulu, seperti:

One cell : click once in the cell
Entire row : click the row label
Entire column : click the column label
Entire worksheet : click the whole sheet button
Cluster of cells : drag mouse over the cells or hold downthe SHIFT key while using the arrow keys
Untuk mengaktifkan suatu sel, klik ganda pada sel atau klik sekali dan tekan F2.



Memindahkan dan Mengcopy Sel

Memindahkan Cells
Untuk memotong isi sel yang akan dipindahkan ke sel lain pilih EditCut dari menu bar
atau
klik tombol Cut pada standard toolbar.

Copying Cells
Untuk mengcopy isi sel, Pilih EditCopy dari menu bar atau klik tombol Copy pada standard toolbar.

Pasting Cut dan Copied Cells
Sorot sel yang ingin di paste dari cut atu copied kedalam isi dan pilih EditPaste dari menu bar atau klik tombol Paste pada standard toolbar.

Drag dan Drop
Jika anda ingin memindahkan isi sel hanya dalam jarak dekat, metode drag dan drop akan lebih mudah. Hanya dengan mendrag garis yang disorot pada sel yang dipilih ketujuan sel dengan mouse.

Toolbar
Isi dari sel yang disorot bisa di format dalam banyak cara. Font dan sel attributes bisa dimasukkan dari tombol shortcut pada formatting bar. Jika toolbar ini tidak siap ditampilkan dalam layar, pilih ViewToolbarsFormattingdari menu bar. .

Format Sel Kotak Dialog
Untuk melengkapi daftar format, klik kanan pada sel yang disorot dan pilih Format Cells dari shortcut menu atau pilih FormatCells dari menu bar.

Numbertab–Tipe data yang bisa dipilih dari options pada
tab ini. Pilih General jika sel berisi teks dan angka, atau kategori penghitungan lain jika jumlah sel dimasukkan dalam fungsi formula.

Alignment tab– Option ini mengijinkan anda untuk mengubah posisi dan data alignment pada sel.


Font tab– Semua font atribut ditunjukkan dalam tab ini termasuk muka font, ukuran, style dan effect.

Border and Pattern tabs–Tab ini mengijinkan anda untuk memasukkan garistepi, shading, dan warna background dalam sel.


Tanggal dan Jam
Jika anda memasukkantanggal “January 1, 2001″ ke dalam sel pada worksheet, Excel akan otomatis mengenal iteks sebagai tanggal dan mengubah format ke “1-Jan-01″. Untuk mengubah format tanggal, pilih Number tab dari jendela Format Cells.
Pilih “Date” dari kotak Category dan
pilih format untuktanggal dari kotak Type.
Jika field adalah jam, pilih “Time” dari kotak Category dan
pilih tipe pada kotak kanan.Tanggal dan waktu dikombinasikan.Tekan OK ketika selesai.


Styles

Gunakan style dalam Excel mengijinkan anda untuk mmpercepat format worksheet anda, menyediakan dan membuat tampilan kelihatan profesional. Pilih style pada kotak panah style ke bawah dari format toolbar (ini bisa dimasukkan dengan customizing the toolbar). Excel menyediakan beberapa styles :

Kotak Dialog Style

Membuat style yang diinginkan dari kotak dialog style.
Sorot sel (s) yang ingin ditambahkan style
Pilih FormatStyle…dari menu bar.
Modifikasi atribut dengan mengkliktombol Modify.
Checklist semua item dibawah Style includesdan ini harus menjadi sytle format.
Klik Add untuk melihat perubahan format pada worksheet.
Sorot style yang ingin diaplikasikan ke paragraf dan klik Apply.


Membuat New Style
Pilih sel dalam worksheet yang berisi format yang ingin di set menjadi new style
Klik kotak Style pada formating toolbar lalu nama style sorot.
Hapus teks dalam kotak Style dan ketik dari new style .
Tekan ENTER ketika selesai.



AutoFormatExcel
memiliki banyak format tabel option. Masukkan style ini dengan mengikuti langkah berikut :
Sorot sel yang akan diformat.
Pilih FormatAutoFormat dari menu bar.
Pada kotak dialog AutoFormat, pilih format yang ingin diaplikasikan padatabel dengan mengkliknya dengan mouse.

Gunakan scroll bar untuk melihat semua format yang ada.
Klik tombol Options…untuk memilih element yang akan diformat
Klik OK ketika selesai



FUNCTION = RUMUS

ini di baian paling seru kalau belajar excel.
Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya,tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.


Formulas
Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. “=”. Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di --seperti-- manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar.

Linking Worksheets
Anda akan menggunakan nilai value dari sel dalam worksheet lain dalam workbook yang sama. Untuk contoh, value sel A1 dalam worksheet dan sel A2 dalam worksheet kedua bisa dimasukkan dengan menggunakan format “sheetname!celladdress”. Formula untuk contoh ini akan menjadi “=A1+Sheet2!A2″ dimana value dari sel A1 dalam worksheet dimasukkan ke value pada sel A2 dalam worksheet yang diberi nama “Sheet2″.
Relative, Absolute, and Mixed ReferencingMemanggil sel hanya dengan menulis kolom dan baris label (seperti”A1″) ini disebut juga relative referencing. Ketika formula berisi relative referencing dan dicopy dari satu sel ke sel, Excel tidak membuat salinan berupa formula. Ini akan mengubah alamat sel relatif kolom dan baris yang dipindahkan. Untuk contoh , Jika masukkan formula sederhana dalam sel C1 “=(A1+B1)” disalin ke C2, formula akan berubah ke “=(A2+B2)” untuk mencerminkan baris baru. Untuk mencegah perubahan ini, sel harus diisi dengan absolute referencing dan ini akan dikerjakan dengan menempatkan tanda “$” dalam alamat sel dalam formula. Melanjutkan contoh sebelumnya, formula dalam sel C1 akan terbaca “=($A$1+$B$1)” jika value dari C2 harus merupakan penjumlahan dari sel A1 and B1. Kolom dan baris sel akan menjadi absolut dan tidak akan berubah ketika disalin. Mixed referencing bisa juga digunakan dimana hanya baris atau kolom yang tetap. Untuk contoh, dalam formula “=(A$1+$B2)”, baris sel A1 tetap dan kolom sel B2 juga

tetap

Fungsi Dasar
Fungsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula “=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10″. Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana”=SUM(D1:D10)”. Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawah

SUM
=SUM(A1:100)
finds the sum of cells A1 through A100


AVERAGE
=AVERAGE(B1:B10)
finds the average of cells B1 through B10


MAX
=MAX(C1:C100)
returns the highest number from cells C1 through C100


MIN
=MIN(D1:D100)
returns the lowest number from cells D1 through D100


SQRT
=SQRT(D10)
findsthe square root --akar pangkat dua-- of the value in cell D10


TODAY
=TODAY()
returns the current date (leave the parentheses empty)



Function Wizard
Tampilan semua fungsi ada dalam Function Wizard.
Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standard toolbar.
Dari kotak dialog Paste Function, browse sampai fungsi dengan mengklik dalam Function categorymenu pada sebelah kiri dan pilih fungsi dari pilihan Function name pada sebelah kanan. Masing-masing nama fungsi akan disorot dan deskripsi akantampil dibawah dua kotak yang disediakan.
Klik OK untuk memilih fungsi
Jendela berikutnya mengijinkan anda untuk memilih sel yang akan dimasukkan ke dalam fungsi. Pada contoh dibawah, sel B4 dan C4 akan otomatis dipilih untuk fungsi penjumlahan pada Excel. Sel values {2, 3}terletak dikanan dari Number 1 field dimana alamat sel terdaftar. . Jika satuan sel lain, seperti B5 dan C5, perlu dimasukkan ke fungsi, sel itu akan ditambahkan dalam format “B5:C5″ ke Number 2 field.
Klik OK ketika semua sel untuk fungsi telah dipilih.


Autosum
Gunakan fungsi Autosum untuk memasukkan isi dari sel yang bersebelahan.
Pilih sel sum akan muncul dalam luar sel dan values akan dimasukkan. Sel C2telah digunakan dalam contoh ini
Klik tombol Autosum(Greek letter sigma) pada standard toolbar.
Sorot penggolongan sel yang akan dijumlahkan (dalam hal ini sel A2 sampai B2 ).
Tekan ENTER pada keyboard atau kliktand ceklist hijau pada formula bar .


SORTING & FILLING


Basic Sorts
Untuk melaksanakan pengurutan secara secara alfabet baik menaik maupun menurun, sorot kolom pada sel yang akan diurutkan klik Sort Ascending(A-Z) atau Sort Descending(Z-A) pada standard toolbar

Complex Sorts
Untuk menyorot berbagai kolom, ikuti langkah berikut :
Sorot sel, baris, atau kolom yang akan disortir.
Pilih DataSort dari menu bar.
Dari kotak dialog Sort, pilih kolom pertama untuk disortir dari menu panah bawah menu Sort Bydan pilih ascending atau descending.
Pilih kolom kedua dan, jika perlu isi kolom yang ketiga dari menu panah bawah .
Jika sel yang anda sorot termasuk teks dalam baris pertama, beri tanda My list has…Header row dan baris pertama akan tersisa pada atas worksheet.
Klik tombol Options untuk yang bukan alfabet seperti bulan dalam setahun dan hari dalam seminggu. .
Klik OK untuk melaksanakan sort


Autofill

Autofill fitur mengijinkan anda untuk mengisi sel dengan berulang atau data contoh seperti kronologis tanggal atau angka, dan pengulangan teks
Ketik nomor awal atau tanggal atau teks yang akan diulang ke dalam sel.
Pilih dibawah, sudut kanan sel dengan mouse kiri dan drag ke sel yang ingin diisi.
Lepaskan tombol mouse.
Jika anda ingin mengisi otomatis kolom dengan sel,tampilkan nomor yang sama atau tanggal data harus sama ke dua sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot kedua sel dan drag dengan mouse.


Alternating Text and Numbers with Autofill
Autofill fitur bisa juga digunakan untuk alternatif teks atau nomor. Untuk contoh, untuk membuat pengulangan daftar hari dalam seminggu, ketik tujuh hari ketujuh sel yang bersebelahan dalam kolom. Sorot ketujuh sel dan drag ke bawah dengan mouse.

Autofilling Functions
Autofill bisa juga digunakan untuk mengkopi fungsi. Dalam contoh dibawah, kolom A dan kolom B masing-masing berisi nomor dan kolom C berisi jumlah kolom A danB untuk masing-masing baris. Fungsi dalam sel C2 akan menjadi “=SUM(A2:B2)”. Fungis ini lalu bisa di salin ke sisa sel dari kolom C dengan mengaktifkan Sel C2 dan drag ke bawah untuk mengisi sisa sel. Fitur autofill akan otomatis mengupdate nomor baris dan menunjukkan dibawah jika sel acuan relatif.


Graphics
Memasukkan Clip Art Untuk memasukkan Clip art ke worksheet ikutilah langkah-langkah berikut :
Pilih InsertPictureClip Artdari menu bar.
Untuk mencari gambar Klik didalam kotak Search for clips. hapus ketikannya “Type one or more words. . .” dan masukkan kata kunci yang ingin anda cari.- Atau-Klik pilihan kategori yang ada.
Klik satu kali gambar image yang akan di masukkan dalam dokumen

Insert Clip art untuk memasukkan clip art dalam dokumen.
Preview Clip art untuk melihat image dalam kondisi ukuran sebenarnya, untuk menutup kembali preview ini cukup dengan mengklik tanda x di sudut kanan atas gambar.
Add Clip to Favorite sakan memasukan gambar yang anda pilih ke dalam direktori favorit anda.dan bisa masukkan dalam Insert ClipArt dalam box

.
Find Similar Clips akan memilih clip yang sama.
Dilanjutkan dengan memilih clip art yang anda suka lalu pilih tombol Close diatas,


Memasukkan Image dari file


Pilih InsertPictureFrom File di menu bar.
Klik panah kebawah yangterletak sebelah kanan Look in:window untuk mencari image yang ada dalam komputert.
Sorot file yang ada di list lalu klik tombol Insert.
Mengedit Gambar Image Aktifkan image yang akan di edit dengan mengklik sekali dengan mouse. Lalu atur sesuai keinginan anda. .
Insert Picture Untuk menyisipkan image di daerah halaman Excel
Image ControlUntuk membuat warna menjadi hitam putih, grayscale atau menjadi bayang bayang
More/Less Contrast mengatur warna kontras pada image.
More/Less Brightness mengatur kecerahan pada image.
Line Stylea kan memasukkan variasi dari borders image.
Text Wrapping akan memodifikasi teks di depan atau luar image.
Format Picture menampilkan format image pada jendela terpisah..
Reset Picture akan menghapus kembali semua modifikasi terhadap image.



CHARTS


Charts mengijinkan anda untuk menyajikan data masukkan ke dalam worksheet dalam format tampilan dengan menggunakan berbagai variasi grafik. Sebelum anda membuat chart anda harusterlebih dahulu memasukkan data ke dalam worksheet. Halaman ini menerangkan bagaimana anda membuat chart yang mudah dari data.

Chart Wizard
Chart Wizard akan membawa proses membuat chart dengan menampilkan kotak dialog.
Masukkan data kedalam worksheet dan sorot semua sel termasuk dalam chart headers.
Klik tombol Chart Wizard dalam standard toolbar untuk melihat pertama kotak dialog Chart Wizard.


Chart Type – Pilih Chart type dan Chart subtype jika diperlukan. Klik Next.

Chart Source Data– Pilih daerah data (jika berbeda dari daerah yang disorot dalam langkah 1) dan klik Next.


Chart Options– Masukkan nama dari grafik dan judul untuk X- dan Y-axes. Pilihan lain untuk axes, grid lines, legend, data labels, dan datatabel bisa diubah dengan mengkliknya padatabs.Tekan Nextuntuk pindah ke pilihan selanjutnya.

Chart Location – Klik As new shee tjika grafik harus ditempatkan dalamtempat yang baru, worksheet kosong atau pilih As object injika grafik harus ditempelkan dalam sheet yang ada dan pilih worksheet dari menu panah bawah.

Klik Finishuntuk membuat grafik .

Mengubah ukuran grafik Untuk mengubah ukuran grafik, klik pada baris dan drag pada kotak hitam pada sudut. Kotak hitam disudut akan mengubah ukuran grafik yang proporsional sepanjang garis dari awal grafik. .


Memindahkan grafik Pilih garis pada grafik,tekantombol kiri mouse, dan drag grafik ke lokasi baru. Elemen didalam grafik seperti judul dan label akan dipindahkan juga dalam grafik. Klik pada elemen untuk mengaktifkannya, dan gunakan mouse untuk mendrag element untuk berpindah.

Format grafik

Toolbar
Chart Objects List – Untuk memilih objek dalam grafik format, klik objek pada grafik atau pilih objek dari Chart Objects List dan klik Format button. Jendela yang berisi objek akan muncul untuk membuat perubahan format.


Chart Type– Klik panah padatipe grafik untuk memilihtipe grafik

LegendToggle–Tunjukan atau sembunyikan legend grafik dengan mengkliktombol

DataTable view–Tampilkan datatabel sebagai ganti dari grafik dengan mengkliktombol DataTable.

Display Data by Column or Row– grafik data dengan kolom atau bari disusun ke dalam data sheet.

AngleText– Pilih kategori atau nilai axis dan klik Angle Downwardatautombol Angle Upwarduntuk perputaran dipilih dengan by +/- 45 derajat. .

Mengkopy Grafik ke Microsoft Word
Menyelesaikan grafik bisa dengan mengkopy kedalam dokumen Microsoft Word. Pilih grafik dan klik Copy. Bukatujuan dokumen dalam Word dan klik Paste.


Page Properties = Pengaturan Atribut Halaman

Page Breaks
Untuk mensetting page breaks, pilih baris yang ingin ditampilkan, dibawah halaman page break dengan mengklik baris label. Lalu pilih InsertPage Breakdari menu bar. Anda harus mengklik ganda panah bawah pada bawah daftar menu untuk melihat option ini.

Setting Halaman
Pilih FilePage Setupdari menu bar ke format halaman, set margins, dan masukkan headers dan footers.

Halaman
Pilih Orientation dibawah Pagetab dalam jendela Page Setup untuk membuat halaman Landscape atau Portrait. Ukuran worksheet pada halaman bisa juga diformat dibawah Scaling. Untuk memaksa worksheet mencetak hanya satu halam lebar dan semua kolom yang ditampilkan dalam halaman yang sama, pilih Fit to 1 page(s) wide.

Margins(GarisTepi)
Ubah atas, bawah, kiri dan kanan garis tepi dibawah dengan Margins tab. Masukkan nilai dalam header dan footer field untuk menandakan seberapa jauh daritepi halamanteks ini harus ditampilkan. Ceklist kotak untuk centering horizontally atau vertically pada halaman.

Header/Footer
Menambahkan headers dan footers pada halaman dengan mengkliktombol panah bawah dibawah Header/Footertab.Untuk memodifikasi header atau footer, atau membuatnya sendiri, klik Custom Headerdantombol Custom Footer. Jendela baru akanterbuka mengikuti anda untuk memasukkanteks dikiri,tengah atau kanan halaman.

Format Text– Kliktombol ini setelah menyorot teks untuk mengubah font, size, dan style.Page Number– Memasukkan nomor halaman pada setiap halaman.Total Number of Pages– Gunakan fitur ini Usethis feature bersama nomor halaman untuk membuat string seperti “page 1 of 15″.

Date– Memasukkantanggal.

Time – Memasukkan Jam sekarang.

File Name– Memasukkan nama pada file workbook.

Tab Name– Memasukkan nama pada worksheet’s tab.

SheetCeklist Gridlines jika anda ingin membagi halaman sel untuk di cetak.


Print Preview
Pilih FilePrint Previewdari menu bar untuk melihat bagaimana worksheet akan dicetak. Klik Nextdantombol Previouspada atas window untuk menampilkan halaman dan kliktombol Zoomuntuk melihat halaman lebih dekat. Membuat halaman layout modifikasi dibutuhkan dengan mengkliktombol Page Setup. Klik Closeuntuk kembali ke worksheet atau Printuntuk melanjutkan mencetak.

Prin tUntuk mencetak ke worksheet, pilih FilePrintdari menu bar.

Print Range– Pilih semua halaman atau daerah halaman yang akan dicetak.
Print What– Pilih sel yang disorot dalam worksheet, active worksheet, atau semua worksheet dalam workbook.

Copies– Pilih jumlah copyan yang akan dicetak.
Klik OKuntuk mencetak


Keyboard Shortcut

Keyboard shortcuts bisa menghemat waktu, inilahtombol shorcut pada Excel yang perlu diingat, untuk mempercepat pekerjaan :

Open a file
CTRL+O


New file
CTRL+N
Save As

F12

Save
CTRL+S


Print
CTRL+P


Find
CTRL+F


Replace
CTRL+H


Go to
F5

Cursor Movement


One cell up
up arrow


One cell down
down arrow


One cellright
Tab


One cell left
SHIFT+Tab


Top of worksheet (cell A1)
CTRL+Home


End of worksheet(last cell with data)
CTRL+End


End of row
Home


End of column
CTRL+left arrow


Move to next worksheet
CTRL+PageDown



Formulas


Apply AutoSum
ALT+=


Current date
CTRL+;


Current time
CTRL+:


Spelling
F7


Help
F1


Macros
ALT+F8



Sekian dulu ya. untuk yang 2007 nya masih dalam format .pdf belum saya ketik ulang. Terimakasih buat:

http://habeahan.wordpress.com/2008/02/14/tutorial-ms-excel-2000xp2003/

yaitu pemiliknya, Bapak Rado Raja habeahan. sumber yang bagus tapi jadi hancur karena gak mau di copas, walhasil saya harus ketik ulang

buat temen-temen yang mau coba

SILAHKAN

saya sih sudah lumayan sering, waktu SD. nah buat yang masih belum mudeng dengan tutorial saya yang acak-acakan bahasanya (maklum banyak translate an ala saya sendiri), buka aja blog nya bapak habeahan. Mungkin lebih jelas.

Sekian yaaaa

Selalu Setia Disini Untukmu,
Kambing Bandot 8C yang Akhirnya Ngerti Excel :)

No comments:

Post a Comment

What do you think! Comment!